Senin, 03 Mei 2010

Perhatikan Huruf-Huruf Kecilnya


“BELI MOTOR DAPAT MOBIL”

Kamu tertarik dengan iklan semacam ini? Iklan semacam ini tertulis dengan huruf-huruf besar di Koran-koran atau dibrosur. Siapa yang tidak tertarik dengan iklan seperti itu. Ternyata iklan itu tidak menipu. Hanya saja, informasinya kurang lengkap. Karena itu, kalau kamu membaca iklan, harap tidak hanya membaca huruf-huruf besarnya saja. Tetapi bacalah juga huruf-huruf kecilnya. Ternyata huruf-huruf kecilnya tidak seindah huruf besarnya.

Kalau kita membaca huruf-huruf besarnya saja, dunia ini memang tampak indah, nikmat dan memikat. Seperti bila kamu masuk ke pusat-pusat perbelanjaan di kota besar. Wah, semuanya serba terang dan cemerlang, serta rapi dan menarik. Namun, itu hanya huruf-huruf besarnya. Sebab bila kamu mau memperoleh benda-benda yang memikat hati itu, maka bacalah angka-angka pada label harganya. Biasanya ditulis dengan huruf kecil.

Apabila kamu menerima tawaran yang menarik, jangan hanya memperhatikan huruf-huruf besarnya, tetapi perhatikanlah terutama huruf kecilnya. Sebab di dalam huruf-huruf kecil itulah, biasanya tertulis berapa harga yang harus kamu bayar.

Ini juga pengalaman Yesus di padang gurun. Ketika Ia dicobai oleh Iblis. Ia mendapat tawaran manis yang ditulis dengan huruf-huruf besar. “Semua itu-itu berarti semua kerajaan dunia dengan segala kemegahannya-akan kuberikan kepadaMu…” Tidak ada via dolorosa. Tidak ada penderitaan. Tidak ada salib. Tawaran yang menarik. Namun Yesus tidak segera tertatik. Ia mau mendengar dulu huruf-huruf kecilnya. Berapa harga yang Yesus harus bayar untuk itu? ”Jika Engkau sujud menyembah aku.”

“SEMUA INI AKAN KUBERIKAN KEPADAMU!”(Suara keras)

“Jika Engkau sujud menyembah aku” (bisik-bisik) Iblis tahu persis bahwa dunia ini ada dua tipe pembeli.

Tipe pertama adalah orang yang berhati-hati. Ada tawaran. Menarik. Tertarik. Tapi ambil kalkulator dulu. Dihitung-hitung dulu. Apakah harganya memang pantas dengan barang yang akan diperoleh. Jaket gratis memang menarik.

Tapi kalau untuk mendapatkan jaket itu saya harus membeli sebuah sepeda motor, ya tunggu dulu. Tipe yang pertama adalah tipe orang yang tidak hanya tertarik kepada huruf-huruf besar, tetapi juga memperhatikan huruf-huruf kecil.

Tapi ada tipe yang lain. Yang kedengarannya aneh, namun orang-orang seperti ini semakin banyak saja. Orang-orang yang tidak peduli pada huruf-huruf kecil. Pokoknya dapat. Dunia dengan segala kemegahannya. Berapa pun harganya, bayar. Menyembah iblis juga tidak apa-apa.

Akibatnya? Memang semakin banyak orang yang bergemilang dalam kemegahan dan kemewahan dunia ini. Namun serentak dengan itu? Semakin banyak pula orang yang menyembah iblis, yang menaklukkan dan memperhambakan diri kepadanya. Orang-orang yang mempunyai lebih banyak, tetapi tidak menjadi lebih baik.

"Iman dalam kehidupan"

oleh Eka Darmaputera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar