Sabtu, 05 Juni 2010

Basis Knowledge

Dalam menghadapi tantangan persaingan, sebuah perusahaan harus melakukan usaha untuk menjadikan knowledge sebagai sebuah sumber daya yang perlu dikelola. Knowledge perlu dikelola atas dasar supaya setiap elemen yang terkait di dalam sebuah perusahaan dapat memberikan setiap knowledge untuk disusun secara terstruktur, sehingga diperoleh sebuah basis knowledge bagi perusahaan tersebut.
Pertama kali sebuah perusahaan memperoleh data-data yang berasal dari fakta yang terjadi. Setelah beberapa data terkumpul, kemudian disusun untuk kembali untuk dijadikan sebuah informasi berdasarkan pada data yang ada. Kemudian informasi tersebut dikumpulkan dan dikelompokkan sesuai dengan kategori-kategori yang jenis knowledge-nya sama. Kemudian knowledge yang ada digunakan oleh perusahaan, baik bagi individu-individu maupun tim guna menunjang kinerja dari masing-masing sesuai dengan deskripsi pekerjaan serta sasaran yang ingin dicapai. Knowledge ini kemudian terus dikembangkan untuk meningkatkan kompetensi bagi perusahaan dengan melakukan pembelajaran dan penyesuaian dengan lingkungan perusahaan untuk memperkaya knowledge yang dijadikan dasar bagi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar